80 persen rumah sakit di Jatim tak punya alat pengolah limbah medis

Rumah-sakitPelatihan Rumah Sakit -Data Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur menyebutkan, 80 persen rumah sakit tak memiliki alat pengolah limbah medis. Dari 234 unit rumah sakit yang masuk tipe A, B, dan C, baru 20 persen yang memiliki alat pengolah limbah. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jawa Timur, Diah Susilowati menuturkan, alasan utama pengelola rumah sakit adalah harga alat pengolahan yang mahal. Harga tergantung suhu alat yang dihasilkan. ”Alatnya bisa mahal. Kalau suhunya yang benar-benar bagus bisa mencapai Rp 2-3 milliar. Untuk yang suhunya rendah, sekitar Rp 1 miliar,” jelas Diah kepada wartawan, Rabu (15/11).Alat yang suhunya rendah tidak memadai dan tidak bisa menghancurkan jarum. Sering kali alat pengolahan limbah medis dengan harga Rp 1 milliar tidak memenuhi standar Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Akibatnya, izin pun tak turun,” sambungnya.

Sesungguhnya ada kemudahan bagi rumah sakit tipe C dan Puskesmas yang belum memiliki alat pengolahan limbah medis. Sesuai Permen LH Nomor 56 Tahun 2015 tentang pengelolaan limbah B3 untuk layanan kesehatan, maka rumah sakit besar yang telah memiliki alat pengolahan limbah, bisa bekerja sama dengan Puskesmas di sekitarnya.

“Puskesmas bisa membuangnya ke rumah sakit yang telah memiliki izin. Di samping untuk internal, bisa terima asal Puskesmas terdekat,” jelas Diah.

Rumah sakit yang belum memiliki alat pengolah limbah medis diperbolehkan melakukan kerja sama dengan pihak ketiga. Atau dibawa ke luar Jatim, seperti di Bogor.

Meski telah memakai skema seperti Permen LH itu, tetap saja belum memadai. Sebab, keberadaan alat sangat minim dan tidak sebanding dengan jumlah limbah medis yang cukup banyak.

Diah tidak bisa menyebut detail jumlah limbah medis di Jawa Timur. “Jumlahnya, saya tidak hafal berapa pastinya limbah,” ucapnya. [noe]

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 5 = thirteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>