Anies: Tidak ada Lagi Isolasi Mandiri, Semua ke Rumah Sakit!

Anies: Tidak ada Lagi Isolasi Mandiri, Semua ke Rumah Sakit!

Pelatihan Rumah SakitĀ  – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan tak ada lagi isolasi mandiri. Seluruh pasien yang terpapar Covid-19 akan diisolasi di rumah sakit rujukan atau di Wisma Atlet.

Hal tersebut dikemukakan Anies Baswedan saat memberikan keterangan pers kepada awak media di Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara, seperti dikutip CNBC Indonesia, Rabu (2/9/2020).

“Selama ini yang dianjurkan untuk melakukan isolasi di fasilitas milik pemerintah adalah mereka yang tinggal di pemukiman adat,” kata Anies.

“Yang tidak bisa melakukan isolasi secara mandiri, tetapi memiliki rumah tinggal yang cukup masih dibolehkan isolasi mandiri. Ke depan, semua akan diisolasi di fasilitas milik pemerintah,” katanya.

Anies menegaskan kebijakan ini tak hanya berlaku bagi pasien yang terpapar positif dan memiliki gejala melainkan juga pasien positif yang tidak memiliki sama sekali gejala Covid-19.

“Kami sampaikan, bahwa orang tanpa gejala akan diisolasi di Wisma Atlet dan itu sudah disepakati sehingga kita akan laksanakan. Semua yang terpapar positif tanpa gejala atau gejala ringan harus isolasi,” jelasnya.

Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku sedang menyiapkan regulasi untuk mengakomodir rencana tersebut. Kebijakan ini diberlakukan untuk memutus rantai penularan Covid-19.

“Jadi di Jakarta regulasinya sedang disiapkan, sudah diputuskan tadi bahwa isolasi dikerjakan oleh pemerintah. Masyarakat yang terpapar positif wajib mengikuti isolasi ini,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 − one =