Bank Mandiri jadi Solusi bagi Rumah Sakit dan BPJS Kesehatan di Kaltim

Pelatihan Rumah Sakit – Persoalan piutang rumah sakit ke BPJS Kesehatan belakangan ini menjadi problem yang rumit. Di Samarinda khususnya, pembayaran tagihan rumah sakit ke BPJS Kesehatan bahkan molor hingga tiga sampai empat bulan. Menyadari hal itu, Bank mandiri Area Samarinda merasa terpanggil untuk menjembatani persoalan tersebut melalui program Hospital Claim Rumah Sakit KlaimFinancing. Program ini memudahkan rumah sakit untuk bisa mendapatkan pembayaran dana klaim BPJS Kesehatan lebih cepat. Untuk lebih memahami program tersebut, Bank Mandiri menggelar sosialisasi Mandiri Health Care & BPJS Claim Financing di Hotel Aston Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (22/10/2018).Area SME Head Mandiri Samarinda, Holdani, mengatakan pihaknya mengundang rumah sakit yang melayani BPJS Kesehatan di Samarinda, Bontang, dan Kutai Kartanegara, serta melibatkan BPJS Kesehatan Samarinda.

Perwakilan rumah sakit yang ambil bagian yaitu RSUD Aji Muhammad Parikesit Tenggarong, RS Hermina Samarinda, SMC, RSUD IA Moeis Samarinda, Rumah Sakit Bhakti Nugraha Samarinda, RS Pupuk Kaltim Siaga Ramania, Rumah Sakit Ibu dan Anak Qurrata A’yun Samarinda, RS Dirgahayu, Klinik Islamic Center, RS Tentara, dan RSI Bontang.

“Ini sosialisasi pertamakali di Samarinda. Kami mengajak BPJS Kesehatan dan RS untuk kumpul bareng. Supaya semuanya paham, ada kemudahan yang kita berikan untuk mereka. Jadi Bank mandiri hadir sebagai mediasi untuk menjembatani kepentingan RS dan BPJS,” ungkap Holdani.

Menurutnya, Bank Mandiri menyediakan tiga fasilitas kemudahan. Yaitu Mandiri Hospital Application Solution (MHAS), kredit talangan BPJS Kesehatan, dan Bank at Work. Holdani mengatakan, aplikasi MHAS memberikan kemudahan RS untuk memantau pembayaran BPJS. Sedangkan kredit talangan BPJS itu nantinya melalui kredit program khusus Bank mandiri yang mana kredit tidak bisa dicairkan tanpa konfirmasi BPJS. “Ketika RS mengklaim kami bisa memantau klaim yang diajukan, lantas kami bisa jembatani itu. Sesuai tidak dengan klaim yang diajukan. Kalau sesuai ya bisa dicairkan,” ujarnya.

Sementara itu Transaction Banking Wholesale Manager Mandiri Area Samarinda. Rizma Prabandhono menjelaskan Bank mandiri berniat menalangi lantaran ada jaminan dari BPJS Kesehatan dan pasti dibayar. “Makanya kami talangi, bunga juga terhitung single digit. Tidak sama dengan modal kerja. Kita tidak mungkin pakai bunga umum, Jadi ada rate khusus,” kata Rizma.

Rizma menambahkan, sosialisasi program ini sebelumnya sudah dilakukan sejak bulan lalu di Balikpapan, Banjarmasin dan sesuai yang disampaikan sebelumnya pada sosialisasi pada bulan September oleh Transaction Banking Wholesale Head Region IX, Rachmadi Hermawan bahwa Bank Mandiri memberikan solusi secara complex di sektor Health Care khususnya di 114 Rumah Sakit di seluruh Kalimantan.

Sejumlah Rumah Sakit di Samarinda juga sudah mulai memanfaatkan fasilitas ini. Vice President Bank Mandiri Area Samarinda, Indrawan Mega Putra, berharap sosialisasi ini akan memantik lebih banyak lagi RS yang memanfaatkan fasilitas kredit talangan mandiri. “Harapan kami yang kami undang ini mau memanfaatkan fasilitas kredit talangan mandiri. Bisa membantu RS dalam hal percepatan pembayaran BPJS Kesehatan. Kita support ke pelaku ekonominya, supaya layanan ke masyarakat lebih luas lagi dan masyarakat tidak kesulitan,” tutur Indrawan.

Bank Mandiri pada kesempatan ini juga memberikan penawaran kredit consumer dan layanan keuangan yang dapat dimanfaatkan karyawan rumah sakit, seperti KPR, KSM, KKB, mandiri Online, mesin EDC dan pembayaran Gaji.

Bank Mandiri Area Samarinda saat ini mengelola 32 cabang. Terdiri dari 17 cabang reguler dan 15 cabang Mikro. Selain itu juga Bank mandiri telah memiliki 125 ATM di dalam kota dari total 278 ATM di area kerja Samarinda yang membawahi Samarinda, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Bontang, dan Kutai Barat. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 + nine =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>