Banyak Rumah Sakit Baru Belum Terakreditasi

Beberapa rumah sakit baru di Bandung Raya belum terakreditasi, sehingga Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia cabang Bandung Raya, siapkan sejumlah program. Di antaranya program pelatihan dalam hal administrasi. “Beberapa rumah sakit baru ‎memang belum terakreditasi termasuk juga beberapa yang harus direakreditasi. Akreditasi ini dinilai amat vital dikarenakan tanpa izin akreditasi maka rumah sakit tidak bisa memperpanjang izin operasionalnya,” kata Ketua ARSSI Bandung Raya dr Tammy J Siarif, SH, MHKes, di Hotel Courtyard Marriot, di Jalan Ir H Djuanda, pada pelantikan Ketua ARSSI Bandung Raya tahun 2019-2022, pada Jumat 24 Mei 2019.

Menurut Tammy, rumah sakit-rumah sakit yang terakreditasi ini perlu pelatihan SDM yang mumpuni. Ditambah juga sarana prasarana yang mumpuni semisal mesin-mesin kesehatan yang sesuai dengan perkembangan zaman.

“Rumah sakit yang belum terakreditasi di antaranya rumah sakit Graha Bunda, tetapi bulan Juni ini Graha Bunda akhirnya sudah mendapat akreditasinya. Yang belum lagi adalah rumah sakit mata Eye Center di Jalan Purnawarman,” ucapnya.

Disinggung mengenai BPJS Tammy pun tak menyangkal rumah sakit banyak yang mengeluhkan. Terutama dalam penentuan aturan yang sering berubah-ubah bahkan ditambah ‎dengan penentuan aturan yang tidak sesuai waktunya.

“Semisal penetapan aturan yang misalnya seharusnya berlaku pada bulan Mei. Tapi ternyata bulan April sudah dijalankan tentunya ini amat merugikan pihak rumah sakit, karena klaim pun nantinya tidak akan sesuai saat diajukan ke pemerintah,” ucapnya.

Meski demikian lanjut Tammy pembayaran BPJS dalam 3 bulan terakhir ke rumah sakit terbilang lancar. Berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya yang pembayarannya sering menunggak dan merugikan pihak rumah sakit yang memiliki layanan BPJS ini.

‎”Selain itu program JKN juga berpengaruh bagi rumah sakit-rumah sakit terutama rumah sakit baru yang belum memiliki fondasi yang kuat. Karena itu program JKN ini perlu ada sosialisasi yang baik terhadap rumah sakit baru tersebut,” ucapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 + eight =