Gunungkidul Kekurangan Kamar Rumah Sakit

Jadwal Pelatihan Manajemen Rumah Sakit 2015

hospital taxPelayanan kesehatan di Gunungkidul masih kekurangan tempat tidur untuk rawat inap. Sebab dari jumlah kebutuan ideal sebanyak 764 kasur, baru tersedia sekitar 450 unit.Harapannya dengan wacana pembangunan rumah sakit baru bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.Kepala Seksi Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Dinas Kesehatan Gunungkidul Abdul Aziz mengakui masih kekurangan kasur untuk perawatan. Berdasarkan total jumlah penduduk yang ada, di Gunungkidul diwajibkan memiliki 764 kamar.“Kenyataannya kami baru  bisa menyediakan 450 kasur. Ke depannya, kami juga akan berusaha memenuhi standarisasi itu,” kata Aziz kepada wartawan, seusai pertemuan dengan anggota DPD RI Hafidz Ashrom di Bangsal Sewokoprojo, baru-baru ini.

Dia pun berharap, rencana pembangunan rumah sakit di Kecamatan Saptosari dan Playen diharapakan bisa mengurangi kekurangan tersebut. Namun demikian, ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Meski ketersediaan fasilitas dapat dipenuhi, tetap harus dibarengi dengan pemenuhan sumber daya manusia pendukung, untuk mengoperasionalkan rumah sakit baru itu.

“Kalau hanya sebatas fasilitas tanpa ada tenaga medis pendukung, kan jadi sia-sia. jadi semuanya harus seimbang, kalau memang ada rumah sakit baru, juga harus diiringi dengan rekrutmen tenaga medis,” katanya.

Aziz menambahkan, permasalahan  tidak hanya pada tempat tidur untuk perawatan. Sebab, fasilitas kesehatan pertama di Gunugkidul baru tersedia 104 unit. Padahal untuk jumlah ideal harus ada 152 unit pelayanan kesehatan. “Masih sangat kurang, terlebih lagi pada 2019 mendatang seluruh penduduk harus tercover dalam BPJS,” ungkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 + = sixteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>