Hati-hati, Bakteri Super Bisa Menempel di Gorden Rumah Sakit

Pelatihan Rumah Sakit -Penularan bakteri bisa berasal dari mana pun, bahkan dari tempat yang tidak terduga sebelumnya. Sebuah studi baru mengungkap jika gorden atau tirai yang menggantung di sekitar tempat tidur pasien bisa saja penuh dengan bakteri methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA). Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Infection Control bulan Septeber lalu, menemukan jika gorden yang tergantung tersebut bisa saja penuh dengan bakteri MRSA hany379891852a dalam waktu 14 hari. Penggantian gorden yang biasanya dilakukan 2 minggu sekali ini pun tentunya harus kembali dievaluasi. Hasilnya, para peneliti menemukan jika pada hari ketiga, tirai menunjukkan adanya peningkatan kontaminasi mikroba. Pada hari ke-14, lima dari delapan tirai dinyatakan positif MRSA, bakteri yang bisa mematikan, terutama pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Selanjutnya pada akhir tiga minggu, semua delapan tirai di area pasien melebihi ambang tingkat kontaminasi yang ditolerir.

Sebaliknya tirai yang ditempatkan jauh dari pasien tetap bersih selama tiga minggu. “Kami tahu tirai menimbulkan resiko tinggi untuk terjadinya kontaminasi karena sering tersentuh tetapi jarang diganti,” kata Kevin Shek, peneliti dari University of Manitoba di Kanada seperti dikutip dari Live Science, Selasa (2/10/2018). Gorden rumah sakit bukan satu-satunya barang yang mudah kontaminasi bakteri. Penelitian lain menunjukkan bahwa ada kemungkinan jika MRSA dan bakteri lainnya bisa muncul di tempat lain di rumah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× 4 = twenty eight

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>