Manajemen Penyelenggaraan Praktik Mandiri Bidan

-pilih-bidan-atau-dokter

Manajemen Penyelenggaraan Praktik Mandiri Bidan – Bidan sebagai seorang pemberi layanan kesehatan (health provider) diharapkan mampu melaksanakan pelayanan kebidanan dengan baik. Dalam hal ini bidan berperan sebagai seorang manajer, yaitu mampu mengelola segala sesuatu tentang kliennya sehingga tercapai tujuan yang di harapkan. Dalam mempelajari manajemen kebidanan di perlukan pemahaman mengenai dasar–dasar manajemen sehingga konsep dasar manajemen merupakan bagian penting sebelum kita mempelajari lebih lanjut tentang manajemen kebidanan.Bidan merupakan seseorang yang telah mengikuti program pendidikan bidan dan diakui sesuai  kualifikasi untuk didaftar (register) dan atau memiliki ijin yang sah (lisensi) untuk melakukan praktik bidan. Bidan sebagai salah satu tenaga kesehatan pemberi pelayanan kepada masyarakat harus memberikan pelayanan yang terbaik demi mendukung program pemerintah untuk pembangunan dalam negeri, salah satunya dalam aspek kesehatan.
Sebelum bidan melakukan praktik, terlebih dahulu harus melalui proses legislasi yaitu proses pembuatan undang-undang atau penyempurnaan perangkat hukum yang sudah ada melalui serangkaian kegiatan sertifikasi (pengaturan kompetensi), registrasi (pengaturan kewenangan), dan lisensi (pengaturan penyelenggaraan kewenangan). Sesuai dengan Permenkes No 28 tahun 2017 dalam penyelenggaraan bidan mandiri diperlukan syarat-syarat tertentu, misalnya persyaratan akademik, manajerial, lokasi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dalam Pelatihan Penyelenggaraan Bidan Mandiri yang dilaksanakan selama dua hari ini ruang lingkup meteri meliputi: Persyaratan Penyelenggaraan dan Perizinan; Lokasi, Sarana-Prasarana, dan Persyaratan Bangunan Praktik; Hak dan Kewajiban Bidan Mandiri; dan  Administrasi dan Manajerial Bidan Mandiri.

Jadwal Pelatihan Manajemen Penyelenggaraan Praktik Mandiri Bidan
Angkatan 42,    5-6  Januari 2018
Angkatan 43,    2-3 Februari 2018
Angkatan 44,    9-10 Maret 2018
Angkatan 45,    6-7 April 2018
Angkatan 46,    4-5 Mei 2018
Angkatan 47,    8-9 Juni 2018
Angkatan 48,    6-7 Juli 2018
Angkatan 49,    3-4 Agustus 2018
Angkatan 50,    7-8 September 2018
Angkatan 51,    5-6 Oktober 2018
Angkatan 52,    2-3 November 2018
Angkatan 53,    7-8 Desember 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + one =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>