Rumah Sakit Swasta harus Berinovasi untuk Penuhi Tuntutan Konsumen, Ini Alasannya

RS Hermina PT Medikaloka Hermina Tbk HEAL

Seiring meningkatnya tuntutan dan kebutuhan konsumen di masa depan membuat rumah sakit swasta harus melakukan perubahan dan berinovasi di segala bidang. Rumah-Rumah sakit di Indonesia harus terus mempersiapkan diri agar mampu beradaptasi di era perubahan yang disruptif serta mengambil peluang dengan melakukan inovasi dan harus mampu memanfaatkan teknologi yang ada agar tidak kalah bersaing dengan rumah sakit di dalam maupun di luar negeri.Apalagi revolusi industry 4.0 mendorong inovasi-inovasi teknologi dan service yang memberikan dampak disrupsi atau perubahan fundamental terhadap kehidupan masyarakat.

Hal ini pun memberi tantangan bagi dunia industri rumah sakit.

Hal itu merupakan masukan dari seminar Nasional VI & HealthCare Expo V bertajuk Tantangan Rumah Sakit Indonesia di era Industri 4.0 & Universal Health Coverage yang digagas Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) di Jakarta Pusat, Selasa (23/07/2019).

Menurut Ketua ARSSI drg Susi Setiawaty MARS, dunia perumahsakitan harus merespon perubahan tersebut dengan bijak dan cerdas yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan, institusi dan fasilitas kesehatan dari sektor pemerintah dan swasta, akademik, Pendidikan, organisai profesi, perusahaan dan masyarakat luas.

“Tahun 2019 adalah tahun dimulainya penerapan Universal Health Coverage dimana seluruh rakyatI ndonesia berhak mendapatkan perlindungan kesehatan dan wajib ikut program JKN/BPJS.

“Keadaan ini mendorong pemilik dan manajemen rumah sakit khususnya rumah sakit swasta untuk mengelola rumah sakitnya dengan baik, memperhatikan efisiensi dan efektifitas layanan yang mengedepankan mutu layanan yang aman bagi pasien.

“Bila tidak , maka rumah sakit juga akan terdisruptif dengan perubahan system layanan kesehatan di Indonesia,” kata drg Susi.

Oleh sebab itu, lanjut drg Susi, penyelenggaraan seminar nasional ARSSI ini bertujuan antara lain untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi pemilik dan manajemen RS Indonesia dalam menghadapi tantangan EraIndustri 4.0 dan Universal Health Coverage serta membantu Rumah Sakit Indonesia mewujudkan cita-citanya nya menjadi rumah sakit pilihan dengan memberikan pelayanan yang prima.

Sementara itu, dalam seminar nasional tersebut terdapat pembahasan strategi suksesnya implementasi e _ purchasing di rumah sakit di era UHC, kendala yang dihadapi rumah sakit swasta serta kunci keberhasilan dalam penerapan e_purchasing.

Kemudian juga membuka forum khusus CEO FORUM yang mengusung topik Kesiapan Rumah Sakit dalam Menghadapi Era Industri 4.0 .

Dalam acara tersebut juga di selenggarakan Healthcare Expo V (pameran dibidangalat-alat kesehatan dan rumah sakit ) yang merupakan bagian dari Seminar Nasional VI dan sebagai ajang promosi dan tukar informasi antara produsen dengan konsumen.

Healthcare Expo V ini diikutioleh lebih kurang 35 perusahaan ternama yang bergerak dibidang farmasi , alat-alat kesehatan serta TPA, dan rumah sakit. (DOD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 + nine =