Tiap Hari, Belasan Pasien Difteri Masuk IGD Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung

infusPelatihan Rumah Sakit – Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Hasan Sadikin Bandung Jawa Barat terus menerima pasien terduga kena paparan difteri.¬† Jumlah pasien terduga difteri yang masuk IGD berkisar 10 hingga 14 orang perhari. Kepala IGD RS Hasan Sadikin, Doddy Tavianto mengatakan jumlah pasien difteri meningkat sejak Provinsi Jawa Barat ditetapkan dalam status Kejadian Luar Biasa (KLB) difteri pada 5 Desember 2017 lalu oleh Kementerian Kesehatan. Doddy mengatakan pasien difteri yang datang dikategorikan tiga kelompok yaitu suspect (terduga), probable (kemungkinan) dan positif difteri. Untuk mengetahui pasien yang datang ke IGD terpapar difteri, kata Doddy, para dokter di IGD melakukan pemeriksaan awal khusus terhadap pasien yang masuk kategori suspect dan probable, untuk dipisahkan dari pasien penyakit lain.”Memang kemungkinan ada pasien yang tercampur.

Karena kadang-kadang keluhan difteri itu banyak, seperti pilek, flu biasa, yang kita anggap penyakit biasa dan setelah kita periksa ternyata difteri. Masih ada kemungkinan bercampur. Tapi kalau memang sudah diduga difteri kita akan pisahkan dalam ruang infeksi dan non infeksi,” kata Doddy Tavianto di ruang IGD RS Hasan Sadikin, Bandung, Jalan Pasteur, Bandung, Kamis (28/12/2017).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× 5 = thirty

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>