Tips Aman Berobat ke Rumah Sakit di Masa Pandemi

Tips Aman Berobat ke Rumah Sakit di Masa Pandemi

Pelatihan Rumah Sakit – Di masa pandemi seperti ini, banyak masyarakat yang resah untuk berobat secara langsung ke rumah sakit, karena takut tertular ataupun terkena covid-19.
Rumah sakit tentu menjadi salah satu fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat. Namun di masa pandemi seperti ini, banyak masyarakat yang resah untuk berobat secara langsung ke rumah sakit, karena takut tertular ataupun terkena Covid-19.

Perlu diketahui beberapa rumah sakit kini melakukan pembatasan dikegiatan sehari-hari nya, seperti tidak menerima rawat inap bagi pasien yang kondisi nya tidak kritis, pembatasan bagi penjenguk pasien, anak-anak dilarang datang untuk menjenguk, pemeriksaan ketat bagi pengunjung rumah sakit, seperti pemeriksaan suhu, memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan gejala Covid-19, atau pernahkah berkunjung ke zona merah.

“Pembersihan ruangan juga selalu rajin dilakukan untuk memastikan kebersihan dan kesterilan ruangan, dalam sehari ruangan juga 3x di desinfektan. Para perawat, dokter dan juga karyawan rumah sakit menggunakan APD sesuai standar ketentuan yang sudah ditetapkan,” ucap Yulianti, selaku Manager Accounting RS. Mitra Keluarga Jatiasih.

Maka, amankah kita berobat ke rumah sakit di masa pandemi? Tentu saja, aman! Namun, untuk menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan saat akan berobat ke rumah sakit untuk menghindari terkena Covid-19, yaitu :

1. Melakukan pendaftaran secara online atau melalui panggilan telephone

Kini kita bisa melakukan pendaftaran secara online, entah melalui web resmi rumah sakit atau melalui panggilan telfon. Hal ini juga lebih efisien loh!

2. Wajib menggunakan masker secara baik dan benar

Penggunaan masker wajib bagi siapapun saat berpergian keluar rumah, masker yang digunakan harus sesuai standar WHO, ya!

3. Membawa dan memakai handsinitizer

Handsinitizer merupakan barang yang wajib dibawa saat berpergian keluar rumah, untuk memastikan tangan kita tetap steril dan terhindar dari virus.

4. Melakukan physical distancing selama berada di rumah sakit

Saat berada di rumah sakit, kita wajib menjaga jarak dengan orang sekitar. Hal ini tentu harus diperhatikan demi mencegah penyebaran virus.

5. Tidak menyentuh barang dengan sembarangan

Kita tidak pernah tau, barang disekitar kita bebas dari virus atau tidak. Belum lagi banyak orang yang psati menyentuh barang-barang disekitar. Maka dari itu, hindari menyentuh barang sekitar dengan sembarangan, demi menghindari terkena virus yang tidak diinginkan

6. Tidak menyentuh daerah wajah

Penularan virus Covid-19 sangat rentan apabila terkait di area wajah seperti mulut, hidung, dan juga mata. Kita juga tidak tau apakah tangan kita bersih atau tidak, maka sebab itu, hindari menyentuh daerah area wajah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

7. Mencuci tangan menggunakan sabun dengan bersih

Mencuci tangan dengan sabun merupakan hal yang penting yang harus kita perhatikan loh, walau sudah menggunakan handisinitzer, mencuci tangan dengan sabun dipastikan dapat menghilangkan kuman dan virus yang terdapat di kulit kita. Mencuci tangan dengan sabun harus dilakukan secara benar, ya!

7 hal diatas merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari terkena nya virus corona saat akan berobat ke rumah sakit. Tetap harus waspada dan menjaga kebersihan diri kita untuk memastikan kesehatan tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


seven − = 3